Vakum Selama Beberapa Tahun PERJUSA Dilangsungkan dengan Sederhana

Perjusa adalah singkatan dari Perkemahan Jum’at Sabtu. Sesuai dengan namanya, Perjusa dilaksanakan pada hari Jum’at hingga Sabtu dengan mendirikan tenda dan api unggun untuk menimbulkan suasana berkemah yang sebenarnya.

Namun kegiatan Perjusa kali ini dilangsungkan secara sederhana di halaman atau lapangan sekolah SMP Negeri 11 Banjarbaru. Setelah beberapa Tahun Vakum akibat pandemi Covid-19, akhirnya dapat terlaksana kembali.

Perjusa adalah bagian dari kegiatan pramuka yang sering diadakan oleh sekolah dasar maupun sekolah menengah. Kegiatan Perjusa diperlukan untuk dapat menumbuhkan kemandirian para siswa.

Kegiatan Selama Perjusa biasanya diawali dengan upacara dan sambutan dari kepala sekolah. Rangkaian kegiatan dalam Perjusa selanjutnya adalah:

1. Lomba

Setelah menghadiri upacara, para siswa biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap regu harus diwakili minimal satu orang untuk berpartisipasi dalam lomba yang diadakan pihak sekolah.

Ada berbagai macam lomba yang diadakan. Lomba yang berkaitan dengan seni, seperti lomba menyanyi, lomba menggambar, lomba baca puisi, hingga lomba tentang pengetahuan kepramukaan.

2. Mendirikan tenda

Jika seluruh aktivitas telah selesai dilaksanakan, setiap kelompok akan mendirikan tenda. Tenda itulah yang akan menjadi tempat mereka untuk menyimpan barang-barang pribadi dan tempat beristirahat di malam hari.

Mendirikan tenda bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Karena itu, dibutuhkan kerja sama antar anggota kelompok agar tenda dapat berdiri dengan benar dan cepat.

3. Api unggun dan seni

Sebelum tidur, biasanya akan diadakan kegiatan api unggun. Selama kegiatan tersebut, para siswa juga dapat menunjukkan kebolehannya dalam bidang seni, seperti bernyanyi dan menari.

Pada kegiatan ini, masing-masing kelompok juga menampilkan yel-yel yang telah disiapkan sebelumnya. Kegiatan api unggun umumnya menjadi kegiatan Perjusa yang paling dirindukan.

4. Outbound

Di hari Sabtu, kegiatan dimulai dengan senam pagi dan sarapan yang dimasak oleh para siswa. Setelah itu, Persami dilanjutkan dengan berbagai kegiatan outbound, seperti tarik tambang, arung jeram, dan lain-lain.

5. Baris-berbaris

Kegiatan Perjusa diakhiri dengan baris-berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan Perjusa.

Manfaat Kegiatan Perjusa memiliki banyak manfaat bagi siswa yang mengikutinya. Beberapa manfaat Perjusaadalah:

– Melatih kemandirian.

– Melatih kedisiplinan

– Melatih kerja sama dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok.

– Meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

– Belajar mencintai alam.

– Melatih kepemimpinan dan kreativitas.

– Belajar berorganisasi.

– Belajar bertanggung jawab.

– Melatih sportivitas.

– Mempererat tali persahabatan.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *