Pada hari Jumat, 06 Oktober 2023 diadakan kegiatan aksi bergizi cegah stunting, yang melibatkan siswa SMP Negeri 11 Banjarbaru. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru bekerja sama dengan pemerintah Kota Banjarbaru. SMP Negeri 11 Banjarbaru merupakan salah satu dari sekolah lain di wilayah Kota Banjarbaru yang menjadi tempat penyelenggaraan aksi bergizi ini.
Tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi di usia remaja selain pencegahan anemia. Selain itu, bertujuan untuk pendistribusian konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri.

Kegiatan dilaksanakan dengan metode pemaparan dari narasumber dan tanya jawab yang didahului dengan kegiatan senam. Kemudian Makan bersama, dan pembagian tablet tambah darah untuk seluruh siswi SMP Negeri 11 Banjarbaru. Narasumber memaparkan materi . Muatan materi yang disampaikan yaitu pentingnya asupan zat besi di usia remaja selain mengenai anemia. Disamping itu, program aksi bergizi merupakan program pendampingan dari Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dan Puskesmas Liang Anggang. Penyampaian Materi yang disampaikan oleh Bunda Enik dilaksanakan setelah makan bersama dan kosumsi tablet tambah darah, bersama para siswa dan siswi. Pemaparan materi tentang “Pentingnya Asupan Zat Besi di Usia Remaja selain Pencegahan Anemia”.

Kegiatan Aksi Bergizi ini diharapkan mampu memberikan wawasan kesehatan kepada para siswa untuk selalu memperhatikan asupan gizi mereka saat usia remaja. Pemberian pengetahuan tentang pentingnya zat besi sebagai pencegahan terhadap kekurangan asupan gizi yang dapat berakibat terjadinya stunting di masa depan bagi remaja putri itu sendiri atau bagi anak anak mereka nantinya. Pencegahan stunting dimulai dari usia remaja merupakan salah satu langkah nyata pencegahan stunting di Indonesia. Selain itu, kekurangan zat besi juga bisa mengakibatkan anemia yang berdampak pada penurunan prestasi belajar di sekolah. Maka, kegiatan ini dimaksudkan supaya pelajar putri mampu memberikan edukasi lanjut kepada kawan-kawan lainnya yang tidak mengikuti kegiatan ini secara langsung.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *