Banjarbaru – Kamis, 30 November 2023 dilaksanakan sosialisasi tertib lalu lintas oleh Satbinmas Polres Banjarbaru bertempat di lapangan SMP Negeri 11 Banjarbaru dan diikuti oleh seluruh siswa. Materi keselamatan berlalulintas Referensi UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan disampaikan oleh Bripda Diar F. kegiatan sosialisasi yang dimulai pukul 09.15 membahas berbagai hal meliputi apa itu lalu lintas, ruang lalu lintas, rambu-rambu, marka, APIL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas), hingga tips selamat di jalan.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Polres Banjarbaru melakukan sosialisasi tentang Pendidikan Keselamatan Berlalu-Lintas (PKBL) untuk tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA. Hal terserbut disampaikan oleh Ipda Sarah Y. (30/11)

Selanjutnya berangkat dari data lapangan yang menunjukkan laju pertumbuhan jumlah sepeda motor, perkembangan pengguna sepeda motor dikalangan pelajar dalam jumlah yang cukup besar dan masih tingginya angka kecelakaan lalu-lintas terutama sepeda motor. Hal ini perlu segera mendapat perhatian serius dari berbagai pihak termasuk dunia pendidikan.

Terlebih masih menurut data, persentase jumlah kecelakaan sepeda motor terjadi pada usia produktif yaitu 15 – 45 tahun. “Jika tidak segera mendapat perhatian serius, kami sangat mengkhawatirkan akan banyak mengorbankan masa depan bangsa. Terutama bagi adik-adik yang memiliki cita-cita menjadi TNI/POLRI akan sulit masuk jika mengalami cacat berat akibat kecelakaan,” ujar Ipda Sarah Y. dengan nada sedih.

Sedangkan mengenai keberadaan Gang motor, pihak kepolisian tidak akan ragu kepada gang yang beraksi dan bertindak kriminal, pihaknya tidak akan ragu-ragu untuk bertindak tegas dan memprosesnya secara pidana, sehubungan saat ini mulai timbul beberapa aksi gang motor yang bertindak anarkis di beberapa daerah.

Selanjutnya Bripda Diar F. menyampaikan untuk antisipasi aksi Gang Motor yang meresahkan masyarakat, Polres Banjarbaru menggandeng Dinas Pendidikan untuk menyalurkan hoby anak muda pada kegiatan yang positif.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Bapak Said Fahmi S,P.d, Kepala SMP Negeri 11 Banjarbaru yang memberikan sambutan dan berterimakasih kepada Polres Banjarbaru yang sudah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas, serta tak lupa pula Bapak Kepala Sekolah menyampaikan harapannya. “Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini selain memberikan pengetahuan yang lebih mendalam terkait lalu lintas kepada siswa dan siswi, diharapkan siswa dan siswi SMP Negeri 11 Banjarbaru tidak hanya cerdas namun juga santun dalam berkendara”

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *