Kegiatan Literasi(07-09-2022)

Banjarbaru – Gerakan literasi sekolah dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Kegiatan ini bertujuan untuk memahirkan dan memotivasi peserta didik dalam membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti. 

Gerakan ini mulai diberlakukan di SMP Negeri 11 Banjarbaru pada bulan Juli tahun 2022. Gerakan ini di isi dengan penyampaian materi, penampilan bakat dari beberapa siswa secara bergantian dan di isi juga dengan pengumuman prestasi-prestasi siswa/i SMP Negeri 11 Banjarbaru.

 Tujuannya untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu bertujuan juga agar  menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah; meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat; menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan; menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Ekosistem pendidikan yang literat adalah lingkungan yang menyenangkan dan ramah peserta didik, sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar; semua warganya menunjukkan empati, peduli, dan menghargai sesama; menumbuhkan semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan; memampukan warganya cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya; dan mengakomodasi partisipasi seluruh warga sekolah dan lingkungan eksternal SMP Negeri 11 Banjarbaru. (07-08-2022)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *