Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer ) pada hari pertama sesi ke 2(19/09/2022)

Banjarbaru – Hari pertama Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin ( 19/09),SMP Negeri 11 Banjarbaru persiapkan segalanya dengan baik. ANBK dilaksanakan dengan 2 sesi dalam waktu 90 menit dalam setiap sesi nya.

Seperti yang diketahui bahwa ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu pendidikan di sekolah baik itu tingkat SD,MI, MTS, SMP, dan tingkat selanjutnya, ANBK juga menilai kinerja dari sekolah dan guru. Dari ANBK pemerintah bisa membaca bagaimana kualitas sekolahan yang melakukan ANBK tersebut. Dapat dikatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan ANBK adalah untuk menilai kinerja sekolah.

Mengingat pentingnya program ini, sedianya segenap panitia ANBK smpn 11 Banjarbaru bekerja keras agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai harapan. Kendala yang ditemui saat pelaksanaan ANBK hari pertama yaitu, seperti sistem program server eror atau soal log out otomatis dan kendala ini terjadi pada saat memasuki sesi ke 2. Nasarif yang dipercaya sebagai teknisi pada ANBK SMPN 11 Banjarbaru 2022 menjelaskan hal tersebut kerap terjadi diduga banyaknya pengguna server di waktu bersamaan. “Kendala seperti sistem eror atau soal log out sendiri itu kerap terjadi, namun hal tersebut masih dapat teratasi dengan baik.”, ucapnya.

Dengan demikian, teknisi dan para proktor ANBK SMPN 11 Banjarbaru 2022 menegaskan hal tersebut cukup mengganggu. “Dampak dari kendala eror dan log out otomatis membuat siswa menjadi lengah dalam mengerjakan dan memakan waktu lebih banyak sebab harus mengisi ulang data diri.”, tambah nya.

Demi menghindari hal tersebut terulang kembali di hari terakhir ANBK 2022 salah satu jalan yang dapat ditempuh panitia ANBK SMPN 11 Banjarbaru adalah memastikan bahwa kapasitas internet sekolah memadai dan sarana dalam kondisi maksimal untuk dioperasikan. Arif berharap server pusat dapat meningkatkan kapasitas agar pelaksanaan ANBK berjalan mulus tanpa kendala teknis jaringan.

Sementara itu, Waka Kurikulum, Rahmad Hidayat menuturkan harapannya semoga dari ANBK 2022 ini dapat meningkatkan mutu madrasah secara keseluruhan. (hd)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *